Notifications
Clear all

CP Test Point- Reference Electrode discussion


Menas Wibowo
(@menaswibowo)
Member Moderator
Joined: 2 years ago
Posts: 8
Topic starter  

Copy from WhatsApp group discussion:

Q: Rekan, mau nanya, kenapa di CP test point, ada yang pakai permanent reference electrode dan ada yang ngga? Apa ini preference user sajakah? 

A (1):bener pak preference user aja...biasanya yg membutuhkn CP test point dgn stationary refe electrode (kdg disebut permanen mskpn kurang tepat) sbb:

1. bottom tank untuk cek yg middle 

2. remote pipeline dengan remote monitoring

3. area critical dengan CP Coupon

4. area critical dengan stray current/interference

5. other area yg unaccesable

6. mugkin bisa ditambahin sm teman2 yg lain

 A(2): alasannya ada di NACE SP0104 (section 1)

A(3): Biasanya diposisikan sudah mendekati struktur yang diproteksi untuk meminimize voltage drop dan untuk mendapatkan nilai potential struktur yang sedekat mungkin dengan actualnya. 

CP coupon bisa digunakan untuk mendapatkan nilai 'OFF' atau 'Instant - OFF' tanpa perlu menginterrupt TR (transformer rectifier) banyak yang jual. 

Q2: baru baca NACE SP0104, soil access tube itu fungsinya buat apa ya? 

A(4): Soil access maksudnya dipasang pipa paralon dekat CP coupon, tujuannya mengukur IR free potential coupon. Selama ini mengukur pipe to soil potential di permukaan tanah, elektrode referensi tidak di dekat pipa, sehingga yang kita ukur adalah potential pipa yang masih mengandung IR drop akibat arus dan tahanan tanah (jadi bukan IR free potential). Untuk memastikan true potential dari coupon maka digunakan cara pemasangan paralon supaya reference electrode Cu/CuSO4 bisa masuk di dekat coupon saat pengukuran. 

Q(3): jadi dalam tube di soil access tube ini kosong sampai bawah ya pak (ie tubular) 

Q(4): kenapa soil access tube harus diarahkan ke coupon, tidak langsung ke pipa saja? 

A(5): CP coupon di coated pipeline digunakan untuk mensimulasi coating holiday di lokasi pemasangan coupon tsb

Q(5): di paper NACE () disebut Luggin capillary untuk soil access tube, dan kayaknya penjelasan di Luggin capillary ini tidak hanya kosong saja (tubular) tapi diisi electrolyte yang sama - apakah ada beberapa option, pakai electrolyte (Luggin capillary) atau tube kosong saja? 

A(6): Iya, soil access tube ini digunakan semacam Luggin capillary pengukuran potential antara muka kalau di skala lab. Di lapangan methodenya menggunakan paralon, kondisi paralon kosong. Saat pengukuran reference electrode CSE nantinya masuk sedekat mungkin coupon dan bisa menggunakan reference extension supaya posisi CSE sedekat mungkin dg coupon. 

Q(6): data log ICCP (YouTube video on checking the TR). Mengapa ketika mengukur voltmeter dari CuSO4 CSE '0' dia tidak menganggap serius dimana mungkin harus menambah arus, memeriksa kabel yang ada atau yang lain

A(7): inspeksi di video tidak menjelaskan problem di TR, hanya mencatat potential structure, ampere, tegangan. Menjelaskan tahanan groundbed dg cara membagi V/I. Saya tidak sepakat karena ini bukan tahanan groundbed tapi tahanan system ICCP keseluruhan. Tahanan system 10V/15A =0.6 ohm (baik untuk sistem ICCP) dan tidak akan menimbulkan panas pada konduktor /pipa. Untuk ref potential '0' saya curiga ada masalah potential reference (bisa jadi putus kabelnya, belum terpasang, atau tidak ada koneksi) 

 

This topic was modified 1 year ago 3 times by Menas Wibowo

Quote
Share: